Menambal Tanggul Setiap Tahun

    Tanggul Sungai Jatinegara yang berlokasi di persawahan Desa Pesuruhan minggu lalu longsor kembali. Padahal titik longsor tahun ini sama seperti tahun lalu. 

    Tanggul longsor seolah menjadi hal rutin bagi warga Desa Pesuruhan. Sudah tujuh tahunan warga selalu kerja bakti untuk menambal tanggul yang longsor dengan karung yang di isi tanah. Setiap laporan dari desa disambut dengan bantuan karung dari dinas terkait. Bupati Buyar Winarso,SE. dulu juga pernah langsung ke lokasi tanggul sungai tersebut dengan kondisi banjir menggenangi sawah lahan pertanian. Warga hanya bisa menunggu tanggul diperbaiki secara permanen, karena warga hanya bisa menambal dengan tanah dengan meletakan karung dipersawahan sehingga pemilik sawah merasa tanggulnya bergeser terus dan lama-lama sawahnya habis tergerus air. Bagaimana tidak setiap tahun tanggul bergeser 2 karung tanah.

   Kalau dilihat dari letak longsoran tanggul memang berada pada takungan tajam, sehingga sulit ditangani secara sederhana oleh warga. Kedalaman air dan panjang longsoran juga menambah warga desa tak bisa berbuat banyak. Rabu dan kamis 1 dan 2 November 2017 warga  kembali berusaha agar musim tanam kali ini aman tidak terkena banjir.

 

Artikel Terkini

Impian jalan layak segera terpenuhi

    Jalan Kabupaten yang melewati Pesuruhan mulai diperbaiki Oktober tahun ini. Kepala Desa Pesuruhan Bapak satimin telah menerima surat pemberitahuan dari pihak kontraktor  Senin 23 Oktober 2017.

      Sampai saat ini alat berat masih melakukan penggalian mulai dar...Baca Selengkapnya

Penilaian Lomba Desa Siaga

Saat yang ditunggu-tunggu telah tiba. Kamis 19 Oktober 2017 Tim Penilai Lomba Desa Siaga Kabupaten Kebumen tiba pukul 13.10 WIB. Tim terdiri dari 5 orang, 4 orang dari Dinas Kesehatan dan 1 dari Dispermades P3A. 

Acara diawali sambutan-sambutan.Pak Eko selaku ketua Tim Penilai menyampaikan dalam sambutannya ''Dari 10 ini, nanti akan ...Baca Selengkapnya

Warga Desapun harus bisa menggunakan APAR

Hari ini, Rabu 11 Oktober 2017 di Balidesa Pesuruhan Kecamatan Puring diadakan Pelatihan Menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dengan narasumber dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kebumen dengan penyelenggara Forum Kesehatan Desa.

Ketua FKD Bapak Supriyadi menyampaikan dalam sambutanya bahwa hal ini perlu sebagai penanggulanga...Baca Selengkapnya

SUBSIDI MIKONGGA DI MT 1

      Beberapa hari yang lalu Bapak Margono dari UPT Dinas Ketahanan Pangan wilayah Kecamatan Puring mengunjungi pengurus GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) Desa Pesuruhan Kecamatan Puring kabupaten Kebumen untuk menawarkan subsidi bantuan benih padi Mikongga untuk ditanam pada MT 1 (Mu...Baca Selengkapnya