Hari ini, Rabu 11 Oktober 2017 di Balidesa Pesuruhan Kecamatan Puring diadakan Pelatihan Menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dengan narasumber dari Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kebumen dengan penyelenggara Forum Kesehatan Desa.

Ketua FKD Bapak Supriyadi menyampaikan dalam sambutanya bahwa hal ini perlu sebagai penanggulangan resiko kebakaran. Selain itu juga sebagai  hal yang penting dalam rangkaian kegiatan Desa Siaga.

Hadir selaku narasumber Bapak Salam dari SATPOL PP selaku Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Kebakaran Kabupaten Kebumen memberikan materinya mulai dari Peraturan Daerah No. 1 Tahun 2016 sampai dengan jenis-jenis bencana. Beliau juga menyatakan bahwa kalau ada kebakaran tidak ada 1 rupiahpun dipingut biaya.''Disekitar kita banyak alat-alat pemadam kebakaran bisa tanah, pasir maupun kain. Sebenarnya kebakaran dimulai dengan api yang kecil,  sebetulnya api yang kecil mudah di padamkan. Kondisi panik membuat api cepat membesar, harus tenang namun tetap ada upaya untuk memadamkan api.'' tambahnya.

Ibu-ibu sebagai peserta antusias sekali saat pembahasan masalah ibu-ibu di dapur. Setiap hari bersentuhan dengan masak-memasak yang menggunakan api baik dari yang menggunakan kayu maupun kompor gas. kalau ada bau tidak sedap di dapur segeralah buka pintu dan jendela,  Hal kedua yang sering menjadi penyebab kebakaran adalah listrik. Perlu kabel yang standar untuk rangkaian listriknya, jangan menggunakan stop kontak yang bertumpuk. Jangan menggunakan air untuk memadamkan api yang disebabkan listrik kecuali sudah yakin tidak ada aliran listrik. 

Ditulis Oleh :Redaksi
Pada : 11 Oktober 2017 11:38:30 WIB

Komentar Artikel Terkait

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar