SEJARAH DESA PESURUHAN

 

Desa Pesuruhan adalah salah satu desa di Kecamayan Puring dengan batas sebelah utara adalah Desa Rangkah (Kecamatan Buayan), sebelah barat Desa Adiwarno (Kecamatan Buayan), sebelah selatan Desa Adiwarno dan sebelah timur Desa Weton Kulon (Kecamatan Puring).

            Pada masa kepemimpinan Lurah Sonsongprono  Desa Pesuruhan wilayah pemukiman sangat sempit (RT 04 sekrang), sebelah timur dan selatan masih masih berupa rawa-rawa. Seiring perkembangan pendududk rawa-rawa tersebut diolah menjadi daerah pemukiman yang kemudian terbagi menjadi 3 (tiga) wilayah kekuasaan yaitu Pesuruhan dipimpin oleh Songsongprono, Jatiamba dipimpin oleh Trunajaya dan Sampang dipimpin Ranureja. Pada saat penjajahan Jepang ketiga wilayah tersebut bergabung dan dipimpin oleh Lurah Suradrana. Pada masa kepemimpinan Suradrana kegiatan perekonomian masyarakat setempat adalah bercocok tanam atau bertani. Berakhirnya masa jabatan Suradrana Desa Pesuruhan dipimpin oleh Lurah Sastroharjo yaitu anak dari adik Suradrana. Sastroharjo berkuasa selama 42 (empat puluh dua tahun)

            Setelah masa jabatan Kepala Desa Sastroharjo selesai maka diadakan pemilihan Kepala Desa selanjutnya. Calon Kepala Desa yang mengikuti pada masa itu adalah Hadi Sukarto (Saridin) dan Ratimin, dan kemudian terpilih Ratimin sebagai Kepala Desa. Bapak Ratimin menjabat selama dua periode masa jabatan Kepala Desa.

            Berakhirnya masa jabatan Bapak Ratimin pada tahun 2006 kemudian diadakan pemilihan Kepala Desa selanjutnya. Calon Kepala Desa yang mengikuti adalah Sartijo, Heri Nurcahyo dan Mardi. Pada masa pemilihan akhirnya terpilih Bapak mardi sebagai Kepala Desa dan beliau menjabat Kepala Desa sampai saat ini saat tersusunya RPJM Desa tahun 2011-2015.

 

 

Sumber : RPJM Desa Tahun 2011-2015

Ditulis Oleh :Pemdes Pesuruhan
Pada : 29 Juli 2013 16:46:44 WIB

Komentar Artikel Terkait

yuddi GENDON
23 Juli 2014 03:56:29 WIB

Berkata, sejarah desa PESURUHAN yg tertulis di atas sangat bermanfaat bagi kita siapa tokoh2 jaman dahulu yg ada di desa PESURUHAN kususnya bagi anak2 sekarang jadi tau sejarahnya desa kita. trimakash

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar