Sosialisasi Pendataan penduduk miskin di Desa Pesuruhan Dilaksanakan pada tanggal lima Mei 2014 di Balai Desa Pesuruhan. Acara ini terselenggara berkat Kerjasama LSM Formasi dengan Pemdes Pesuruhan. Peserta dari sosialisasi ini adalah 41 warga yang terdiri dari seluruh elemen warga dan lembaga desa di Desa Pesuruan. Tujuan dari acara tersebut adalah mensosialisasikan pendataan pendataan penduduk miskin kepada masyarakat luas dan memilih anggota team pencacah.

Pendataan penduduk miskin secara serentak di seluruh Kabupaten Kebumen akan dilaksanakan pada Bulan Juli sampai September tetapi Desa Pesuruhan sudah melakukan sosialiasi di jauh hari. Hal tersebut dikarenakan Desa Pesuruhan merupakan salah satu dari 10 desa percontohan Percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kebumen. Pendataan penduduk miskin di Desa Pesuruhan juga akan dilaksanakan sebelum bulan juli karena pendataan ini juga akan menguji tool yang berupa criteria dan pendataan termasuk didalamnya menguji analisis kemiskinan yang ada dalam system informasi desa (website desa pesuruhan).

Berjalannya acara tersebut dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Pesuruan Bapak Satimin dilanjutkan dengan paparan dari Anang Perdana. Pemateri tersebut menyampaikan dari alur pendataan, Kriteria Pendataan sampai dengan pihak-pihak yang terlibat dalam pendataan kemiskinan tersebut. Dalam pertemuan tersebut juga disampaikan bahwa Desa Pesuruhan akan masuk dalam Klaster Pesisir. Dilain pihak Desa Pesuruhan secara nyata termasuk Desa yang berkarakter Bonorawan. Hal ini memancing daya kritis warga untuk bertanya yaitu diantaranya adalah Suyitno. Suyitno mengungkapkan jika Pesuruhan dimasukan ke Klaster Pesisir bukankah itu akan menjadikan pendataan itu tidak Valid Kembali. Dari pertanyaan tersebut Anang Mengungkapkan bahwa masih ada saringan dari indicator tingkat Kabupaten untuk memvalidkan data.

Setelah paparan dari pemateri dilanjutkan dengan pemilihan anggota team pencacah yang berjumlah 5 orang. Dengan acara tersebut diharapkan warga memiliki pemahaman yang benar akan pendataan penduduk miskin dan juga kesiapan sumberdaya di Desa Pesuruan untuk melakukan pendataan penduduk miskin.

 

Ditulis Oleh :Redaksi
Pada : 10 Mei 2014 23:31:05 WIB

Komentar Artikel Terkait


03 Oktober 2014 12:20:10 WIB

Berkata, hati

pemdes pandansari
10 Mei 2014 23:39:55 WIB

Berkata, lanjutkan

Post Komentar :


Nama
Alamat Email
Komentar