Menambal Tanggul Setiap Tahun

    Tanggul Sungai Jatinegara yang berlokasi di persawahan Desa Pesuruhan minggu lalu longsor kembali. Padahal titik longsor tahun ini sama seperti tahun lalu. 

    Tanggul longsor seolah menjadi hal rutin bagi warga Desa Pesuruhan. Sudah tujuh tahunan warga selalu kerja bakti untuk menambal tanggul yang longsor dengan karung yang di isi tanah. Setiap laporan dari desa disambut dengan bantuan karung dari dinas terkait. Bupati Buyar Winarso,SE. dulu juga pernah langsung ke lokasi tanggul sungai tersebut dengan kondisi banjir menggenangi sawah lahan pertanian. Warga hanya bisa menunggu tanggul diperbaiki secara permanen, karena warga hanya bisa menambal dengan tanah dengan meletakan karung dipersawahan sehingga pemilik sawah merasa tanggulnya bergeser terus dan lama-lama sawahnya habis tergerus air. Bagaimana tidak setiap tahun tanggul bergeser 2 karung tanah.

   Kalau dilihat dari letak longsoran tanggul memang berada pada takungan tajam, sehingga sulit ditangani secara sederhana oleh warga. Kedalaman air dan panjang longsoran juga menambah warga desa tak bisa berbuat banyak. Rabu dan kamis 1 dan 2 November 2017 warga  kembali berusaha agar musim tanam kali ini aman tidak terkena banjir.

 

Artikel Terkini

Rencana Pembangunan Jalan Rabat Beton RT.03

Jalan lingkungan di lokasi RT.03 Jatiamba (depan rumah bapak Saidi sampai dengan utara rumah bapak Jumadi) rencananya akan segera dimulai. Kesepakatan antara Pemerintah Desa Pesuruhan dengan tokoh masyarakat RT.03 berharap pekerjaan ini selesai sebelum hari raya Idul Fitri 1437 H.

Pekerjaan peningkatan kualitas jalan ini dengan lebar 2 m ...Baca Selengkapnya

Pembangunan Tempat Peralatan Pemakamam

Seiring perkembangan zaman, pembangunan di desa Pesuruhan juga ikut berkembang. Adanya keinginan masyarakat desa yang tertuang dalam RPJMDes dan RKP Desa tahun 2016 untuk mempunyai fasilitas peralatan pemakaman yang lebih baik. 

Selain itu, minimnya tanaman pohon bambu di desa Pesuruhan membuat keinginan masyarakat untuk mengusulkan ...Baca Selengkapnya

Penggunaan Dana Desa Tahun 2016

Menurut PERATURAN MENTERI DESA, PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL, DAN TRANSMIGRASI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 21 TAHUN 2015 TENTANG PENETAPAN PRIORITAS PENGGUNAAN DANA DESA TAHUN 2016, Dana Desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang diperuntukkan bagi...Baca Selengkapnya

Bantuan Jamban Bagi RTM

Pemerintah Desa Pesuruhan bekerjasama dengan UPK Kecamatan Puring  memberikan bantuan dana untuk pembangunan jamban untuk rumah tangga miskin. Dua rumah tangga penerima pada tahun 2015 adalah Bapak Purwanto (Rt.02/1) dan Bapak Udit Trisuseno (Rt.04/1)

...Baca Selengkapnya