Menambal Tanggul Setiap Tahun

    Tanggul Sungai Jatinegara yang berlokasi di persawahan Desa Pesuruhan minggu lalu longsor kembali. Padahal titik longsor tahun ini sama seperti tahun lalu. 

    Tanggul longsor seolah menjadi hal rutin bagi warga Desa Pesuruhan. Sudah tujuh tahunan warga selalu kerja bakti untuk menambal tanggul yang longsor dengan karung yang di isi tanah. Setiap laporan dari desa disambut dengan bantuan karung dari dinas terkait. Bupati Buyar Winarso,SE. dulu juga pernah langsung ke lokasi tanggul sungai tersebut dengan kondisi banjir menggenangi sawah lahan pertanian. Warga hanya bisa menunggu tanggul diperbaiki secara permanen, karena warga hanya bisa menambal dengan tanah dengan meletakan karung dipersawahan sehingga pemilik sawah merasa tanggulnya bergeser terus dan lama-lama sawahnya habis tergerus air. Bagaimana tidak setiap tahun tanggul bergeser 2 karung tanah.

   Kalau dilihat dari letak longsoran tanggul memang berada pada takungan tajam, sehingga sulit ditangani secara sederhana oleh warga. Kedalaman air dan panjang longsoran juga menambah warga desa tak bisa berbuat banyak. Rabu dan kamis 1 dan 2 November 2017 warga  kembali berusaha agar musim tanam kali ini aman tidak terkena banjir.

 

Artikel Terkini

Saatnya Warga Melek Internet

Melek informasi bukan hanya milik warga kota, tapi kini warga desa juga bisa. Lebih-lebih dengan akses internet zaman sekarang sangat mudah dan murah. Dengan handphone yang seharga Rp.500.000, saja kita sudah bisa menggunakan intenet. 

Perwakilan warga Desa Pesuruhan hari ini Rabu 12 Agustus 2015 sedang mengadakan pelatihan memanfaat...Baca Selengkapnya

Adat Istiadat Yang Perlu Dilestarikan

Masyarakat Desa Pesuruhan menyebutnya "unggah-Unggahan" sebagian lagi menyebutnya "Nyadran" pada kegiatan rutin yang dilakuka  setiap menyongsong bulan puasa.

Selasa pagi, 16 Juni 2015 Perangkat Desa Pesuruhan beserta BPD memasak kambing jantan yang akan dijadikan santapan rutin unggah-unggahan. Sardi, Kaur Kesra Desa Pesuruhan seles...Baca Selengkapnya

Perbaikan jalan menjelang lebaran

Menjelang bulan Romadhon pihak DPU dinas Binamarga Kabupaten Kebumen mengurug sejumlah lubang jalan dibeberapa titik. Termasuk jalan Rangkah-Weton Kulon yang sudah menyebabkan beberapa pengguna jalan tergelincir. 

Sepanjang kurang lebih 1000 M jalan yang melintasi Desa Pesuruhan tersebut terdapat 7 titik paling susah dilalui. Hal ini...Baca Selengkapnya

SLPTT Pertanian

Sekolah Lapang - Pengelolaan Tananaman Terpadu TA.2014 Kelompok Tani ''Sri Mulyo'' dan ''Jati Mulyo'' Desa Pesuruhan Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen telah memasuki masa panen. Petani yang tadinya pesimis dengan musim tanam kali ini, sekarang sedikit terobati. Pasalnya setelah waktu tanam kemarin terjadi kekeringan. Air Irigasi dari bendung ka...Baca Selengkapnya